Macam – macam sensor temperature / suhu

Sensor temperature/ suhu adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi gejala perubahan panas/temperature/suhu pada suatu dimensi benda atau dimensi ruang tertentu. Sensor temperature mempunyai banyak macamnya, seperti termokopel, RTD, thermistor, infrared pyrometer, dioda (IC hybrid), bimetal, dan lain sebagainya.

Sensor suhu Termokopel (termocouple)
Termokopel adalah sensor suhu yang terdiri dari 2 jenis kawat logam konduktor yang digabung pada ujungnya sebagai ujung pengukuran. Konduktor ini kemudian akan mengalami gradiasi suhu dan dari perbedaan suhu antara ujung termokopel/ujung pengukuran dengan ujung kedua kawat logam konduktor  yang terpisah, akan menghasilkan tegangan listrik karena terjadinya efek termo elektrik. Termokopel dapat mengukur temperatur dalam jangkauan suhu yang cukup luas dengan batas kesalahan pengukuran kurang dari 1⁰ C.

Sensor RTD (Resistance Temperature Detector )
RTD adalah sensor suhu yang pengukurannya menggunakan prinsip perubahan resistansi atau hambatan listrik logam yang dipengaruhi oleh perubahan suhu. Dimana ketika suhu meningkat, maka resistansi elemen RTD juga akan meningkat. Dengan kata lain, kenaikan suhu logam yang menjadi elemen resistor RTD berbanding lurus dengan resistansinya.  RTD adalah salah satu sensor suhu yang paling banyak digunakan dalam otomatisasi dan proses kontrol.

Sensor Termistor (Thermistor)
Termistor (thermistor) adalah komponen semikonduktor yang memiliki tahanan (resistansi) yang dapat berubah dengan suhu/temperature. Thermistor merupakan singkatan dari thermally sensitive resistor, yang berarti resistor yang peka atau sensitif terhadap suhu. Ada dua jenis termistor, yaitu: PTC (Positive Temperature Coefficient) dan NTC (Negative Temperature Coefficient ). Termistor PTC adalah jenis termistor yang nilai resistansinya meningkat dengan meningkatnya suhu. Sedangkan, termistor NTC adalah jenis termistor yang tahanannya atau resistansinya menurun ketika suhu meningkat.

Sensor infrared pyrometer
Pirometer inframerah (Infrared pyrometer) adalah sensor suhu yang dapat mengukur suhu dari jarak jauh tanpa melakukan kontak langsung dengan objek yang akan diukur. Infrared pyrometer merupakan device pengukur suhu yang juga biasa disebut sebagai termometer radiasi termal. Sensor ini menggunakan cahaya inframerah untuk mengukur atau mendeteksi radiasi panas (thermal) benda. jadi bisa dikatakan, infrared pyrometer adalah sensor yang digunakan untuk mengukur suhu tanpa kontak ketika sensor tipe probe atau sensor dengan kontak langsung, seperti termokopel, RTD, dan lain sebagainya, tidak bisa digunakan atau tidak bisa menghasilkan data yang akurat karena berbagai alasan.

Sensor suhu IC (IC temperature sensor)
Sensor suhu IC merupakan sensor temperature yang prinsip kerjanya didasarkan pada sifat atau perilaku PN junction silikon terhadap suhu/ temperature. Dimana tegangan maju PN junction akan menurun dengan meningkatnya suhu, sehingga pada beberapa sensor suhu IC akan menghasilkan sinyal output (tegangan, arus) yang berbanding lurus dengan suhu/ temperatur.

Sensor Bimetal
Bimetal adalah sensor temperatur yang sangat populer digunakan karena kesederhanaan yang dimilikinya. Bimetal biasa dijumpai pada alat strika listrik dan lampu kelap-kelip (dimmer). Bimetal adalah sensor suhu yang terbuat dari dua buah lempengan logam yang berbeda koefisien muainya (α) yang  direkatkan menjadi satu. karena perbedaan reaksi muai tersebut maka bimetal akan melengkung kearah logam yang muainya lebih rendah. Dalam aplikasinya bimetal dapat dibentuk menjadi saklar Normally Closed (NC) atau Normally Open  (NO).

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Macam – macam sensor temperature / suhu"

  1. Terimakasid informasinya. Sangat bermamfsat

    ReplyDelete
  2. Best Training From India institute

    The knowledge of technology you have been sharing thorough this post is very much helpful to develop new idea.
    here by i also want to share this.

    ReplyDelete
  3. MSBI Training From India

    Really great blog, it's very helpful and has great knowledgeable information.

    ReplyDelete
  4. Resources like the one you mentioned here will be very useful to me! I will post a link to this page on my blog. I am sure, my visitors will find that very useful..
    SAP QM Training institute

    SAP SD Training institute

    SAP Security Training institute

    SAP XI/PI Training institute

    ReplyDelete
  5. Bagi yg butuh...
    Jasa Wiring & Rakit Panel Area JABODETABEK, Silahkan Hubungi 085777839042

    ReplyDelete