Rangkaian diagram garis star delta pada motor induksi AC 3 phasa


Rangkaian diagram garis star delta pada motor induksi AC 3 phasa
Mungkin semua sudah tahu apa itu rangkaian star delta? Dan apa fungsi dari rangkaian star delta itu sendiri. Untuk yang belum tahu akan saya jelaskan secara singkat. Rangkaian star delta adalah rangkaian instalasi motor dengan sambungan bintang segitiga (Y∆), atau lebih dikenal dengan nama koneksi star delta. lalu apa fungsi dari koneksi motor secara star delta itu? Fungsi dari koneksi star delta adalah untuk menurunkan atau mengurangi besarnya arus start motor. 
Bagaimana teori atau metode koneksi star delta ini bisa menurunkan besarnya arus starting motor? sebelumnya tentu kita tahu besarnya tegangan dan arus itu berbanding terbalik. Semakin besar tegangan maka arus akan semakin kecil begitu sebaliknya semakin kecil tegangan maka arus akan semakin besar. Bagaimana itu terjadi ?untuk menjawab itu kita harus tahu dulu, hubungan antara daya ( P ), tegangan( V ) , dan arus ( I ). 
http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/08/Rangkaian-Star-Delta.html

Dari rumus diatas tentu kita sudah mengerti.  Coba anda hitung berapa besarnya arus ( I )?, dengan daya (P) yang sama, coba anda bagi dengan tegangan(V) yang berbeda. Tentu saja hasilnya sudah bisa ditebak, dengan tegangan yang besar maka arus akan kecil, begitu juga sebaliknya. Lalu apa hubungannya rumus diatas dengan rangkaian star delta?? Pada koneksi star delta ada perbedaan antara besarnya tegangan pada koneksi star dan besarnya tegangan pada koneksi delta.
Tegangan dan arus pada koneksi star delta
Besarnya tegangan(V) line pada sambungan star/bintang (Y) adalah akar 3 . V fasa, dan besarnya arus line pada sambungan star/bintang sama dengan besarnya arus fasa. Sedangkan pada sambungan delta/segitiga(∆) tegangan(V) line = V fasa, dan arus(I) line =  akar 3 . arus(I) fasa.
Contohnya dengan tegangan fasa 220V berapa tegangan line untuk hubung star dan hubung delta?
·         Tegangan pada sambungan star --- Vline = akar 3 . V fasa = 1.73 . 220V = 380V
·         Tegangan pada sambungan delta--- V line = V fasa = 220V
Dari hasil diatas pada hubungan star memiliki tegangan yang lebih besar dibanding tegangan pada hubungan delta. dan tentu sudah terbukti metode starting motor secara star delta dapat menurunkan besarnya arus start.
Kesalahan pada koneksi star delta
Mungkin semua sudah tahu apa itu star delta beserta fungsi-fungsinya. Namun mungkin masih banyak yang belum mengerti bagaimanana melakukan instalasi/penyambungan star delta sesuai standar yang benar. Melakukan instalasi sesuai standar yang benar itu sangat penting agar kita tidak dirugikan dengan pemasangan instalasi yang salah/ngawur. Contohnya pada koneksi delta jika pada pemasangannya kita tidak berhati-hati dan tidak sesuai dengan standar tentu bisa membuat koneksi motor tersebut kehilangan salah satu fasa (phase loss). Dan apa akibatnya bila motor 3 fasa dioperasikan dengan kehilangan salah satu fasa?, tentu saja lilitan motor akan terbakar dalam waktu singkat atau jika anda beruntung mungkin akan membuat breaker atau protector(overload relay) cuma trip. Tetapi itu dengan catatan jika anda memasang atau mensetting breaker dan protector dengan standar yang benar. Tentu kita tidak ingin kedua hal tersebut terjadi dan merugikan kita. Karena itulah standarisasi SPL (single point lesson) begitu penting dan selalu terapkan di semua perusahaan. Berikut ini gambaran kesalahan pada koneksi star delta yang sering terjadi pada rangkaian dayanya.
http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/08/Rangkaian-Star-Delta.html

Mungkin anda bertanya-tanya apa yang salah dengan rangkaian daya diatas? Dari Kedua rangkaian daya diatas memang tidak ada yang salah dari koneksi starnya, namun ada beberapa kesalahan di dalam koneksi deltanya. Memang dalam instalasi motor dengan sistem starting secara star delta ini, kebanyakan kesalahan terdapat dalam pemasangan pada koneksi delta.  hal ini disebabkan karena pemasangan untuk hubung delta bisa dikatakan lebih rumit daripada hubung star. Pada gambar 1 rangkaian daya diatas jelas terlihat tegangan fasa R (kabel berwarna merah) dihubungkan pada terminal motor dengan label U1 dan U2, hal ini berarti tegangan fasa R hanya dihubungkan pada  1 belitan/lilitan pada motor. hal yang sama juga terlihat pada tegangan fasa S dan T. Apa yang salah dengan itu? Tentu saja sangat salah/ngawur. Sebelumnya tentu anda tahu kenapa koneksi pada motor disebut star dan delta?hal itu karena pada koneksi motor tersebut bisa dibentuk/terlihat seperti bintang ataupun segitiga. Coba anda ubah gambar 1 dan gambar 2 rangkaian daya diatas menjadi koneksi star delta secara terpisah dan sederhana tanpa memperhatikan kontaktor dan protector. Lalu lihat dengan seksama apakah gambar diatas mirip dengan rangkaian delta? jawabannya tentu saja tidak. Untuk memperjelas pemahaman anda tentang koneksi star dan koneksi delta secara benar coba anda lihat gambar dibawah berikut ini.
Gambar koneksi star dan koneksi delta
http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/08/Rangkaian-Star-Delta.html

Gambar diatas bisa menjadi patokan bagaimana melihat koneksi star delta yang benar dan salah. Contohnya secara sederhana begini, jika anda perhatikan gambar pada sebuah rangkaian daya star delta anda bisa melihat pada koneksi starnya apakah mirip dengan star/bintang, dan pada koneksi deltanya apakah mirip delta/segitiga seperti gambar koneksi star delta diatas. Jika itu mirip atau sama bisa dipastikan rangkaian daya itu benar. Dan juga perlu diingat jika anda ingin membalik putaran motor pada rangkaian star delta dengan membalik salah satu tegangan maka anda juga harus membalik salah satu tegangan pada satu sisi yang lain.

Rangkaian daya dan rangkaian kontrol  star delta yang benar
http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2013/08/Rangkaian-Star-Delta.html

Kesimpulan dari artikel rangkaian star delta. Setelah panjang lebar penjelasan tentang star delta, kita bisa menarik kesimpulan kalau pemasangan instalasi motor itu harus sesuai standar yang benar agar tidak terjadi hasil yang tidak diinginkan seperti lilitan motor terbakar dikarenakan phase loss, hubungan singkat atau sebab-sebab lainnya. Khususnya kita harus berhati-hati pada motor yang label terminalnya sudah hilang atau motor hasil repairan/perbaikan yang mungkin sudah tidak sesuai lagi antara terminal dan lilitannya. Jadi kita harus bisa tentukan dulu mana U1U2, V1V2, dan W1W2. Baca juga artikel tentang "membalik arah putaran motor star delta". Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.


Subscribe to receive free email updates:

25 Responses to "Rangkaian diagram garis star delta pada motor induksi AC 3 phasa"

  1. bagus sekali penjelasannya mas trikueni

    ReplyDelete
  2. kalau di lihat dari kontrol , ini delta - star ... bukan star - delta ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lihat labelnya mas.. itu star menggunakan k3 dan delta menggunakan k2... dan coba mas ali lihat lagi k3 dan k2 ,, antara kedua kontaktor tersebut yang ON dulu yang mana k3 kan??? jadi sudah benar star delta mas ali..

      Delete
  3. gan,,, delta dan wye sama sama 3 fase,, knp bentuknya berbeda ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yach beda mas ahmad... motor 3 fasa itu punya 2 jenis koneksi yaitu star dan delta... dinamakan koneksi star itu karena bentuknya seperti bintang dan dinamakan koneksi delta karena seperti segitiga..

      Delete
  4. power nya udah ok bos tp kontrol nya menurt ane kurang maximal proteksi nya.klo ane buat star/delta biasaa na pake timer lepas,biar awet timer nya,sama star masuk lebih dulu ketimbang main,terpaut beberapa mili sec aja.jd sambungan star masuk dlu kemudian main,klo liat gambar kontrol nya diatas,coba klo pada aplikasi nya pake timer hidup terus,dan kemudian karena timer nya terlepas karena getaran ato soket nya udah longgar apa ga bahaya jg tu bos?ane buat kontrol star delta pake timer lepas terus dan seprti yg ane jelasin diatas td,alhamdlillah kontaktor pada awet.dan timer ga cepet panas/rusak jika digunakan terus menerus.gt bos menurut ane sekedar berbagi aja gt.hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas dicky.. emang timernya bisa dimatikan setelah motor sudah pada koneksi delta, dengan cara menambah pengunci pada kontrol deltanya dan kontak NC delta pada timernya...selain bisa menghemat juga bisa memperpanjang lifetime dari timer.. tapi saya juga mau nambahin nich mas.. kalau mau maksimal proteksinya, rangkaian kontrol diatas bisa diubah dimana dalam perpindahan star ke delta, kontaktor K1 juga ikut off.. jadi star setelah beberapa detik,terus off selama beberapa milisec, baru terus delta... terima kasih atas komennya mas dicky.. wach gara2 komennya mas dicky saya jadi perlu nambahin gambar kontrol baru nich..:)

      Delete
  5. terimakasih artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
  6. gimana cara mengatasi kalau ada maslah pada rangkaian star delta mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sich, begitu ada yang rusak langsung saya cek motornya mas.. kalau motornya ok,, saya cek satu persatu rangkaiannya.. jadi saya cek kontaktornya itu bekerja secara normal apa nggak?? trus kalau bekerja normal koneksi kontaknya itu baik apa nggak..??kan ada tuh kontaktor yang koilnya masih bekerja baik tapi kontaknya putus atau gak nyambung karena kotor atau korosi..

      Delete
  7. makasih mas sangat membantu. saya newbie mau banting stir dari arus lemah ke arus kuat

    ReplyDelete
  8. mas mintaktolong,,... pada rankaian star delta saya pada saat praktikum di sekolah kox slalu trip pada rangkaian segitiga kenpa ya mas padahal saya udah ngikut gambar,, R dapatS S dapat T dan T dapat R tlong bantu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. label motormu kok ngawut gituu ya.. sebenernya koneksimu sudah benar zob.. mungkin yg km maksud label motormu begini ya zob.. R1S1T1 dan R2S2T2.. gabungin saja R1dan T2 lalu S1 dan R2 lalu T1 dan S1... jika masih tetap trip mungkin label motornya gak cocok.. cek gulungan motornya untuk memastikan labelnya benar.. jika gulungan ok coba matikan rangkaian dayanya dan coba jalankan rangkaian kontrolnya saja zob.. jika kontrolnya ok berarti rangkaian dayamu ada yang hubung singkat.. cek juga olnya..

      Delete
  9. mas yang bener yang mana ya kok di web ini pengkabellannya beda http://electric-mechanic.blogspot.com/2010/11/wiring-diagram-star-delta.html tolong d jawab ya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sja mas agung.. cuma beda label motornya saja... coba perhatikan... u2,v2,w2 diganti x,y,z....

      Delete
    2. Mohon maaf mas mau konsultasi,,untuk kabel power yang masuk ke terminal box stator motor berarti ada 2 (cable) x 3 core yaitu dari main line power K1 dan out dari kontaktor delta K2 menuju terminal motor induksi tersebut? mohon pencerahannya...thanks

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. yg bener kayanya yg contoh salah no 1 , cuma cara gambarnya yg salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. klau itu salah karena phase loss mas rudi.. bahaya,,, motor bisa terbakar kalau gak ada pengamannya... coba perhatikan fasa R hanya masuk ke satu gulungan saja yaitu U1-U2...coba baca artikel secara keseluruhan mas,,biar lebih paham.. :)

      Delete
  12. terimakasih banyak gan untuk infonya

    salam Rajalistrik.com

    ReplyDelete
  13. mas tau ngak rumus cara mengetahui pk pada motor

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. sebenernya pada terminal motor urutan u1,v1,w1 untuk baris pertama, kemudian yg mw tak tanyain tu yg baris ke dua tu u2,v2,w2 atau sesuai gambar d atas w2,u2,v2???sangat penting

    ReplyDelete
  16. Siang mas.Untuk menggerakkan motor 380v 3 phase pakai tegangan 220 1 phase.pakai inverter atv12hu15m2 suplay 230v harus pakai koneksi delta.padahal di plate motor pakai koneksi star. Bagihan mana sja yg perlu dirubah mas agar putaran motor tetap normal.

    ReplyDelete